Sawit





Kelapa-Sawit
Buah kelapa sawit terdiri dari daging buah dan biji. Daging buah kelapa sawit pada proses pengolahannya akan diolah menjadi minyak kelapa sawit mentah atau CPO (Crude Palm Oil), sedangkan biji atau intinya akan diolah menjadi minyak inti sawit atau PKO (Palm Kernel Oil). Pada tahap selanjutnya CPO dan PKO akan diolah kembali menjadi berbagai macam produk.
klp swt
Pengolahan kelapa sawit diawali dengan proses pemanenan. Untuk memperoleh hasil produksi (CPO) dengan kualitas yang baik, pemanenan dilakukan berdasarkan kriteria panen (tandan matang panen)  yaitu dengan melihat jumlah brondolan yang telah lepas atau jatuh dari tandannya.
klpa sawit
Pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil) pada umumnya melalui lima tahap yaitu proses perebusan, pemipilan, pengadukan dan pelumatan, pengepresan, dan pemurnian. Pada pengolahan kelapa sawit menjadi PKO setelah proses pengepresan maka terjadi pemisahan antara minyak sawit dengan kernel, sabut dan ampasnya. Biji yang telah dipisahkan dari ampas akan dipisahkan kembali antara inti dan cangkangnya. Inti sawit inilah yang akan diolah menjadi berbagai macam produk turunan. CPO (Crude Palm Oil) menghasilkan lebih banyak produk turunan dibandingkan PKO (Palm Kernel Oil). Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan kandungan lemak yang terdapat pada CPO dan PKO.
(Sumber : Makalah Pemanfaatan Hasil Pengolahan Produksi Kelapa Sawit [2012])




Share your views...

0 Respones to "Sawit"

Posting Komentar

 

© 2013 SEMUA ILMU ADA All Rights Reserved. Powered by Blogger